Press Release TIIMI

Pada tanggal 5-6 Desember 2008 telah dilaksanakan Temu Ilmiah Internasional Mahasiswa Indonesia (TIIMI) 2008 yang diselenggarakan setiap tahun oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom (PPI-UK). Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, dalam menyelenggarakan temu ilmiah ini PPI-UK bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London dan didukung oleh British Council. Panitia penyelenggara adalah pelajar yang sedang studi di London dan diketuai oleh M.Irfan Arsaat.

Pada tahun ini TIIMI mengangkat tema “Corruption Culture in Indonesia: Future Perspective” dengan dua pembicara utama Bpk. Antasari Azhar, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Bapk. Rizal Sukma, Deputy Executive Centre for Strategic and International Studies (CSIS). Kesimpulan yang dapat diperoleh dari kegiatan TIIMI 2008 adalah bahwa peran generasi muda dalam upaya pemberantasan korupsi, sangat besar dan dapat dilakukan melalui berbagai wadah.

Seminar TIIMI 2008 dimulai pada pukul 10.00 GMT di KBRI dengan pembukaan oleh Ketua PPI-UK periode 2007-2008 dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan. Ketua PPI-UK menyampaikan penyelenggaraan TIIMI 2008 diharapkan mampu mewadahi aspirasi dan pengalaman pemuda sebagai upaya kontribusi dalam pemberantasan korupsi. Selanjutnya, Bpk. Rizal Sukma menyampaikan presentasi dengan tema “Korupsi dalam Politik”. Hasil diskusi dengan beliau adalah bahwa korupsi dalam partai politik terasa sangat nyata, sebagai contoh adalah fakta saat ini partai politik memperlakukan posisi calon legislative (caleg) sebagai lowongan pekerjaan, sehingga semua orang dapat mengajukan diri menjadi calon dari partai tersebut, tanpa memperhatikan ideologi dan prinsip politik yang jelas. Disamping itu, tersirat pula bahwa kondisi politik saat ini memungkinkan seseorang untuk menjadi politikus agar dapat dekat dengan kekuasaan, dengan tujuan kepentingan pribadi maupun golongan.

Sedangkan pada sore harinya, Bpk. Antasari Azhar memberi presentasi mengenai pentingnya peran generasi muda dalam memberantas korupsi. Pada kesempatan ini pula Bpk. Antasari Azhar melakukan diskusi dengan warga Indonesia di UK dan terdapat beberapa laporan informal oleh warga mengenai penyelenggara negara yang akan dipertimbangkan untuk ditindaklanjuti oleh KPK. Pada saat bersamaan, panitia juga melakukan siaran radio, hasil kerjasama dengan PPI-Jerman, melalui radio PPI-Jerman dan terdapat beberapa pendengar dari luar UK, seperti Jerman dan Belanda.

Untuk pemakalah umum, terdapat 15 makalah yang diterima namun karena berbagai persoalan, seperti sibuknya jadwal kuliah dan visa, hanya terdapat lima makalah yang dapat disampaikan. Secara keseluruhan, TIIMI 2008 berhasil menjaring mahasiswa Indonesia dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Belanda, Jerman, Inggris, Scotlandia, dan Korea Selatan. Pemakalah umum menyampaikan presentasi dengan topik yang beragam namun tetap terkait dengan upaya-upaya pemberantasan korupsi. Beberapa topik tersebut adalah mengenai kegiatan kerjasama yang mungkin dilakukan oleh KPK dan pemuda, peningkatan social awareness terhadap korupsi melalui pengoptimalan jaringan social online, dan akibat kapitalisme terhadap budaya korupsi di Indonesia. Makalah-makalah yang disampaikan oleh peserta dinilai inovatif dan sebagai alternatif yang dapat diterapkan oleh pemuda dan masyarakat luas yang ingin berpartisipatif membantu KPK. Antusiasme pemuda dan masyarakat Indonesia di UK juga terbukti dengan sebanyak 60 tamu hadir yang dating dari berbagai kota di UK dan terlibat aktif selama TIIMI 2008 berlangsung.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tujuan penyelenggaraan TIIMI 2008 untuk mewadahi pemikiran dan kontribusi pemuda sebagai masa depan bangsa untuk memberantas dan mencegah korupsi, telah tercapai. Selanjutnya, beberapa kegiatan yang akan dilakukan adalah menerbitkan proceeding hasil diskusi TIIMI 2008 dan upaya keterlibatan PPI-UK, sebagai bagian dari pemuda, dalam forum pemuda untuk memberantas korupsi.

Advertisements

2 Responses to “Press Release TIIMI”


  1. 1 nirmala August 10, 2009 at 3:09 am

    oh..iya..kalo TIIMI 2009 kapan akan dilaksanakan dan temanya apa?
    Soalnya sy sdh google tapi belum dapat infonya..kalo ada info..beritahu ya..thank u 😉


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




July 2009
M T W T F S S
« Oct   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Categories


%d bloggers like this: